dari daa2 yg sudah di kompilasi dan pengamatan bbrp hal yg terkait, salah satu yg perlu di perhatikan atau di kembangkan adalah..:

1. pengembangan industri rumah tangga utk pengolahan makanan, ukm atau pun yg sdh besar di kembangkan kapasitasnya.; jurusan THP, kayaknya perlu disetiap kabupaten, tinggal potensi penggunanya, baik yg baru maupun yg sudah berproduksi sekian lama.
thp ini sebaiknya merupakan jejaring dgn uni yg ada di jatim maupun yg ada di luar jatim utk memanfaatkan hasil riset maupun jejaring lainnya, dan teknologi yg terkini..dalam pengepakan dan proses makanan.
2.perdagangan, dalam arti jejaring orang jatim yg di luar jatim apakah di dlm negeri maupun luar negeri perlu di refresh atau di aktifkan, jurusan apa yg sesaui, mungkin penjualan yg berbasis antar kota/propinsi, produk jatim utk yad harus dalam bentuk jadi yg keluar dari jatim.
utk jurusan penjualan , bisa saja mempunyai cabang mhs di daerah lain terutma kota bear utk memasrkan produk2 jatim.
jejaring ini harus di perkuat, di besarkan, dibuat jejaring sejenis sehingga saling menguatkan bisnis ini..
3.produksi game edukasi utk meningkatkan pendidikan di jatim, baik dari segi mutu maupun kemampuan berbahasa serta mencari informasi utk semua keluarga/ibu2/anakmuda yg ada di jatim. bila di setiap kabupaten ada sekelompok mhs yg membuat production house, serta di beli oleh sekolah dengan kemampuan mereka, atau disewa , atau di sebarkan dgn biaya terjangkau utk anak2 di kabupaten tersebut..akan timbul perputaran dana sekecil apapun utk pendidikan – konten yg terbaru, dan juga peningkatatan kapasitas sekolah yg ada..krn efisiensi pendidikan baik dari segi ruang maupun waktu telah terjadi…
bukan lamanya orang sekolah tapi konten apa yg di pelajari dan kwalitas konten tersebut yg membuat seseorang menjadi ahli di bidangnya atau bidang baru..
4.penyiapan teknisi mafikibi – matematika-fisika-biologi-kimia /basicscience ermasuk bahasa utk anak2 mulai sd sd slta termasuk masyarakat yg memerlukan pembelajaran yg berbasis it dan baru dan menyenangkan..
5. jurusan yg mempunyai potensi2 pengembangan sumberdaya alam dari awal sd prosesnya…dst nya
6.ahli industri pengolahan /manufaktur lainnya..
7.ahli perhotelan
8.jurusan restauran, yg mulai dari angkring sd warung depot dan restoran dari segi manageman maupun keuangan serta selera pasar…
9 dll ..saran…

Mungkinkah gdp jatim seperti shensen 85 milliar us $ dalam 10 thn yad….atau spt jakarta ..kutipan dari kompas..
“Tercatat, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Shenzhen sepanjang tahun 2009 mencapai 120 miliar dollar AS. Pemerintah Shenzhen mematok pendapatan kotor per kapita penduduknya pada tahun 2020 mencapai 20 ribu dollar AS setahun. Sepuluh tahun ke depan PDB Shenzhen ditargetkan mencapai 186 miliar dollar AS.

Bandingkan Jakarta yang baru saja berulang tahun ke 483, PDB-nya tercatat hanya sekitar 35 miliar dolar AS pada tahun 2008. Jakarta masih terengah-engah membangun sistem transportasi massalnya. Ibu kota Indonesia ini semakin hari semakin sesak oleh kemacetan yang parah. Populasi Jakarta pun terasa sesak karena di kota seluas 660 meter persegi ini dihuni oleh sekitar 12 juta jiwa.”

Ayo kita pikirkan dan kerjakan bersama utk kemajuan jatim mempunyai pendapatan perkapita 10.000 us dalam 5 – 7 tahun dan 20.000 us pada thn 2025..? mungkinkah..?